Skip to main content

CASR PART 145 SUBPART C

  Melanjutkan materi sebelumnya, pada sesi ini akan dibahas tentang rating dan limited rating.
Rating dalam istilah AMO dapat diartikan sebagai kewenangan yang diberikan oleh DGCA kepada AMO tertentu berdasarkan kemampuan yang dimiliki setelah memenuhi seluruh persyaratan seperti personel, manual, fasilitas dan lain-lain.
  
1. Rating
  berikut adalah beberapa jenis rating yang di terbitkan berdasarkan ketentuan part 145 :
  a). Airframe Rating
      Airframe rating terdiri dari :
   1). Class 1 : Composite construction of small aircraft.
   2). Class 2 : Composite construction of large aircraft.
   3). Class 3 : All-Metal construction of small aircraft.
   4). Class 4 : All-Metal construction of large aircraft.

  b). Powerplant Ratings
   1). Class 1 : Reciprocating engines of 400 horsepower or less.
   2). Class 2 : Reciprocating engines of more than 400 horsepower.
   3). Class 3 : Turbine Engines.

  c). Propeller Ratings
   1). Class 1 : Fixed-Pitch and ground-adjustable propellers of wood, metal, or composite construction
   2). Class 2 : Other propellers, by make.

  d). Radio Ratings
   1). Class 1 : Communication equipment.
   2). Class 2 : Navigation Equipment.
   3). Class 3 : Radar Equipment.

  e). Instrument Ratings 
   1). Class 1 : Mechanical.
   2). Class 2 : Electrical.
   3). Class 3 : Gyroscopic.
   4). Class 4 : Electronic.

  f). Accessory Ratings.
   1). Class 1 : A Mechanical accessory
   2). Class 2 : An Electrical accessory
   3). Class 3 : An Electronic accesory 

2. Limited Rating
  Limited rating adalah rating yang diberikan kepada AMO untuk melakukan perawatan hanya terhadap bagian atau komponen khusus pesawat udara seperti airframe, powerplant, propeller, radio, instrument atau aksesori maupun bagian-bagian dari komponen diatas dimana pelaksanaan perawatan tersebut menggunakan peralatan dan keterampilan khusus di luar pekerjaan yang dilaksanakan oleh AMO pada umumnya sesuai ratingnya. Pembatasan rating tersebut dapat dilakukan secara khusus berdasarkan model pesawat, mesin atau part tertentu, atau part number yang dibuat oleh pabrik khusus.

DGCA menerbitkan limited rating seperti :
 (1) Airframes berdasarkan pembuat dan model khusus
 (2) Powerplants berdasarkan pembuat dan model khusus
 (3) Propellers berdasarkan pembuat dan model khusus
 (4) Instruments berdasarkan pembuat dan model khusus
 (5) Radio equipment berdasarkan pembuat dan model khusus
 (6) Accessories berdasarkan pembuat dan model khusus
 (7) Landing Gear components
 (8) Floats, by make
 (9) Nondestructive inspection, testing, and processing
 (10) Emergency equipment
 (11) Rotor blades, berdasarkan pembuat dan model khusus
 (12) Aircraft fabric work



Thanks Pak Nurman Sebagai Inspector Kelaikan Udara dan Pengoperasian Pesawat Udara, Ditjen Perhubungan Udara 

Comments

Popular posts from this blog

General CASR Part 145 AMO

  Sebelum kita mulai, marilah kita awali dengan membaca Basmallah General CASR Part 145 Kita akan berbicara tentang CASR Part 145 AMO  ( APPROVED MAINTENANCE ORGANIZATIONS) . baca dan pahami materi pelajaran dibawah...selamat belajar. 1. Umum CASR adalah singkatan dari Civil Aviation Safety Regulation atau Peraturan Keselamatan Penerbangan Sipil (PKPS). CASR atau PKPS merupakan produk hukum yang di undangkan berdasarkan Keputusan Menteri Perhubungan dalam bentuk Peraturan Menteri (PM). CASR merupakan peraturan pelaksana dari Undang-undang nomor 1 tahun 2009 tentang penerbangan, Bab VIII pasal 49, Bab X pasal 136 dan Bab XIII pasal 314. Pada part 145 ini, banyak berbicara tentang bagimana cara untuk mendapatkan persetujuan atau sertifikat AMO  ( APPROVED MAINTENANCE ORGANIZATIONS) . Part ini juga berisi peraturan yang harus ikuti oleh pemegang sertifikat AMO terkait dengan kinerjanya  dalam melakukan pemeliharaan/perawatan, pemeliharaan preventif, atau perubahan

Teori Gas Turbine Engine

Setelah teori propulsi, kami akan menjelaskan tipe dan bagian Jet Engine 5 Tipe Gas Turbine Engine : Turbo Jet Turbo Fan Turbo Prop Turbo Shaft Ram Jet   Pengertian Jet Engine   Gas Turbine Engine / Jet Engine adalah suatu alat yang memanfaatkan gas sebagai fluida untuk memutar turbin dengan pembakaran internal.   Prinsip kerjanya menggunakan HUKUM NEWTON III : AKSI SAMA DENGAN REAKSI   1. Turbo Jet   Mesin turbo jet adalah mesin jet yang paling sederhana, biasanya dipakai untuk pesawat-pesawat jet awal atau pesawat-pesawat jet berkecepatan tinggi.   2. Turbo Fan   TurboFan adalah salah satu jenis dari turbin gas yang merupakan penggabungan antara kipas internal dengan sebuah Turbo Jet kecil di belakang. Jumlah buangan sisa pembakaran dari TurboFan lebih rendah dibandingkan dengan Turbo Jet. Menggabungkan teknologi gabungan Turbo Prop dan Turbo Jet. Mesin ini sebenarnya adalah sebuah mesin by-pass dimana sebagian udara dipadatkan dan disalurkan ke ruang pemba

CASR 145 Subpart B

Kita akan berbicara tentang CASR 145 Subpart B, CERTIFICATION. Pada subpart ini, dijelaskan tentang :     1). bagaimana dan apa persyaratan pengajuan permohonan untuk mendapatkan persetujuan/sertifikat AMO;  2). penerbitan sertifikat AMO;  3). Masa berlaku dan pembaharuan sertifikat AMO;  4). Perubahan atau pengalihan kepemilikan sertifikat AMO;  5). Rating; dan  6). Batasan Rating. 1. Untuk mendapatkan persetujuan atau sertifikat AMO , pemohon harus mengajukan permohonan kepada DGCA menggunakan format yang telah ditentukan oleh DGCA dan dilengkapi  dengan :  Manual AMO, untuk disetujui (approved) oleh DGCA sesuai dengan CASR 145;207. Manual Quality control untuk disetujui (approved) oleh DGCA sesuai dengan CASR 145.211 Daftar tipe, model atau jenis sesuai pembuat, yang ditentukan pada masing-masing article  yang dimohonkan. Daftar jenis-jenis perawatan, untuk persetujuan (approval) oleh DGCA, yang akan dilakukan  oleh AMO tersebut berdasarkan kontrak dengan pihak