Skip to main content

General CASR Part 145 AMO

 Sebelum kita mulai, marilah kita awali dengan membaca Basmallah
General CASR Part 145

Kita akan berbicara tentang CASR Part 145 AMO (APPROVED MAINTENANCE ORGANIZATIONS). baca dan pahami materi pelajaran dibawah...selamat belajar.

1. Umum

CASR adalah singkatan dari Civil Aviation Safety Regulation atau Peraturan Keselamatan Penerbangan Sipil (PKPS). CASR atau PKPS merupakan produk hukum yang di undangkan berdasarkan Keputusan Menteri Perhubungan dalam bentuk Peraturan Menteri (PM). CASR merupakan peraturan pelaksana dari Undang-undang nomor 1 tahun 2009 tentang penerbangan, Bab VIII pasal 49, Bab X pasal 136 dan Bab XIII pasal 314.



Pada part 145 ini, banyak berbicara tentang bagimana cara untuk mendapatkan persetujuan atau sertifikat AMO (APPROVED MAINTENANCE ORGANIZATIONS). Part ini juga berisi peraturan yang harus ikuti oleh pemegang sertifikat AMO terkait dengan kinerjanya  dalam melakukan pemeliharaan/perawatan, pemeliharaan preventif, atau perubahan dari sebuah pesawat, badan pesawat, mesin pesawat, baling-baling, alat, atau bagian komponen sesuai dengan CASR Part 43. Aturan ini  ini juga berlaku untuk setiap orang atau pemegang sertifikat AMO, atau pihak yang dipersyaratkan untuk memiliki sertifikat AMO yang diterbitkan berdasarkan ketentuan part 145 ini. 

2. Definisi


Dalam CASR 145 terdapat beberapa istilah penting yang berkaitan langsung dengan operasional AMO, diantaranya :
Accountable manager, berarti :  orang yang ditunjuk oleh AMO yang bertanggung jawab untuk dan atas nama AMO yang memiliki kewenangan atas semua operasi AMO yang dilakukan di bawah ketentuan yang diatur pada bagian 145 ini, termasuk memastikan bahwa personil AMO mengikuti peraturan dan juga bertindak sebagai kontak atau penghubung utama dengan Direktorat Jenderal Perhubungan Udara

Article,  berarti : pesawat terbang, badan pesawat, mesin pesawat, baling-baling, alat, atau bagian komponen.

Directly in charge,berarti : memiliki  tanggung jawab terhadap  pekerjaan dari AMO  yang melakukan pemeliharaan, perawatan pencegahan, perubahan, atau  fungsi lain yang mempengaruhi kelaikan udara pesawat. Seseorang yang bertindak sebagai Directly in charge tidak perlu secara fisik atau secara langsung mengamati dan mengarahkan setiap pekerja terus-menerus dilokasi pekerjaan tapi harus ada atau tersedia untuk kepentingan konsultasi jika dibutuhkan petunjuk atau keputusan dari pejabat atau otorisasi yang lebih tinggi.

Line maintenance, berarti : perawatan tidak berjadwal sebagai akibat dari kejadian tak terduga; atau pemeriksaan berjadwal seperti servicing, atau inspeksi yang tidak memerlukan pelatihan, peralatan atau fasilitas khusus 

3. Persyaratan Sertifikat dan Spesifikasi Operasi.

setiap orang, perusahaan atau organisasi yang akan melakukan  perawatan pesawat udara maupun komponennya harus memiliki sertifikat AMO, dengan kata lain bahwa mereka harus memiliki persetujuan dari Direktorat Jenderal Perhubungan Udara, sesuai dengan persyaratan dalam part 145 ini. jika seseorang, perusahaan atau organisasi telah mendapatkan persetujuan dari Direktorat Jenderal Perhubungan Udara, maka persetujuan tersebut diberikan dalam bentuk sertifikat (lihat contoh sertifikat pada lampiran). Sertifikat tersebut harus ditempatkan/digantung pada tempat yang mudah terlihat oleh umum atau DGCA.
 
Gambar: www.indonesia-aerospace.com
 
  
 
 
Thanks Pak Nurman Sebagai Inspector Kelaikan Udara dan Pengoperasian Pesawat Udara, Ditjen Perhubungan Udara 

Comments

Popular posts from this blog

Teori Gas Turbine Engine

Setelah teori propulsi, kami akan menjelaskan tipe dan bagian Jet Engine 5 Tipe Gas Turbine Engine : Turbo Jet Turbo Fan Turbo Prop Turbo Shaft Ram Jet   Pengertian Jet Engine   Gas Turbine Engine / Jet Engine adalah suatu alat yang memanfaatkan gas sebagai fluida untuk memutar turbin dengan pembakaran internal.   Prinsip kerjanya menggunakan HUKUM NEWTON III : AKSI SAMA DENGAN REAKSI   1. Turbo Jet   Mesin turbo jet adalah mesin jet yang paling sederhana, biasanya dipakai untuk pesawat-pesawat jet awal atau pesawat-pesawat jet berkecepatan tinggi.   2. Turbo Fan   TurboFan adalah salah satu jenis dari turbin gas yang merupakan penggabungan antara kipas internal dengan sebuah Turbo Jet kecil di belakang. Jumlah buangan sisa pembakaran dari TurboFan lebih rendah dibandingkan dengan Turbo Jet. Menggabungkan teknologi gabungan Turbo Prop dan Turbo Jet. Mesin ini sebenarnya adalah sebuah mesin by-pass dimana sebagian udara dipadatkan dan disalurkan ke ruang pemba

CASR 145 Subpart B

Kita akan berbicara tentang CASR 145 Subpart B, CERTIFICATION. Pada subpart ini, dijelaskan tentang :     1). bagaimana dan apa persyaratan pengajuan permohonan untuk mendapatkan persetujuan/sertifikat AMO;  2). penerbitan sertifikat AMO;  3). Masa berlaku dan pembaharuan sertifikat AMO;  4). Perubahan atau pengalihan kepemilikan sertifikat AMO;  5). Rating; dan  6). Batasan Rating. 1. Untuk mendapatkan persetujuan atau sertifikat AMO , pemohon harus mengajukan permohonan kepada DGCA menggunakan format yang telah ditentukan oleh DGCA dan dilengkapi  dengan :  Manual AMO, untuk disetujui (approved) oleh DGCA sesuai dengan CASR 145;207. Manual Quality control untuk disetujui (approved) oleh DGCA sesuai dengan CASR 145.211 Daftar tipe, model atau jenis sesuai pembuat, yang ditentukan pada masing-masing article  yang dimohonkan. Daftar jenis-jenis perawatan, untuk persetujuan (approval) oleh DGCA, yang akan dilakukan  oleh AMO tersebut berdasarkan kontrak dengan pihak